Halokaltara

Tiga Daerah di Kaltara Berstatus Transmisi Lokal

Agust Suwandy

TANJUNG SELOR – Kasus positif tertular Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Kalimantan Utara tidak hanya mereka yang punya riwayat perjalanan dari luar daerah, atau red zone.

Namun, sudah terjadi transmisi lokal dari sejumlah kasus positif COVID-19 yang ditemukan di Kalimantan Utara. Bahkan, kini ada tiga daerah di Kalimantan Utara yang berstatus transmisi lokal.

Sebelumnya, Bulungan dan Malinau ditetapkan status transmisi lokal. Lalu, Tarakan pun ditetapkan dengan status transmisi lokal. “Jadi ada tiga wilayah ditetapkan transmisi lokal,” ujar juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kaltara, Agust Suwandy melalui konferensi pers di media sosial, Senin (20/4).

Sementara itu, tadi malam pihaknya pun menerima 7 spesimen dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya. Dari 7 spesimen tersebut, 3 hasil swab dinyatakan negatif, dan 4 positif.

Tiga yang dinyatakan negatif yaitu 1 warga Malinau berusia 3 tahun dengan jenis kelamin perempuan, dua warga Bulungan dengan jenis kelamin laki-laki dan masing-masing berusia 14 serta 17 tahun.

Sedangkan 2 positif di Tarakan berusia 36 dan 48 tahun, dengan jenis kelamin laki-laki. Dan, 2 hasil positif di Bulungan berusia 18 dan 14 tahun, dengan jenis kelamin laki-laki. Agust menyebut mereka yang positif merupakan peserta jamaah tablig.

“Jadi, terkonfirmasi positif di Kaltara sebanyak 73 orang,” ujarnya.

Sebelumnya, terkonfirmasi positif sebanyak 69 orang: Tarakan 21 orang, Malinau 6 orang, Nunukan 24 orang, Tana Tidung nihil, Bulungan 18 orang. Dari jumlah keseluruhan, 2 dinyatakan sembuh, dan 1 orang meninggal dunia.

Untuk orang dalam pemantauan, Agust menyebut sebanyak sebanyak 105 orang: Tarakan 62 orang, Malinau 7 orang, Nunukan 11 orang, Tana Tidung 10 orang, Bulungan 15 orang. Sedangkan orang tanpa gejala sebanyak 324: Tarakan 167 orang, Malinau 24 orang, Nunukan 19 orang, Tana Tidung 7 orang, Bulungan 109 orang. Pasien dalam pengawasan sebanyak 10: Tarakan 3 orang, Malinau 4 orang, Nunukan nihil, Tana Tidung nihil, dan Bulungan 3 orang. (red)

Leave a Comment