Halokaltara

Tangani Penyebaran COVID-19, Hasan Basri Imbau Swasta Beri Bantuan

Hasan Basri

UPAYA pemerintah dari daerah hingga ke pusat dalam penanganan penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), menurut Wakil Ketua Komite II DPD RI Hasan Basri, perlu didukung semua pihak.

Tak hanya masyarakat yang harus mematuhi imbauan pemerintah terkait physical distancing, dan lebih banyak beraktivitas di rumah, agar dapat memutus rantai penyebaran virus yang pertama kali mewabah di Wuhan, Tiongkok itu.

Senator asal Kalimantan Utara ini, juga menyatakan perlunya dukungan dari pihak swasta. Yakni, dengan memberikan bantuan kebutuhan pokok kepada masyarakat kurang mampu yang terdampak dari imbauan pembatasan beraktivitas di luar rumah.

Menurutnya, tidak sedikit perusahan skala besar di Kalimantan Utara. Di antaranya bergerak di sektor pertambangan batu bara, minyak dan gas bumi, perkebunan, kehutanan, pengelolaan kayu hingga perikanan.

Saat ini, kata dia, baik pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota telah bahu-membahu dalam penanganan penyebaran COVID-19. Bahkan, kata dia, ada pemerintah daerah yang harus melakukan pemotongan gaji bagi pegawai demi memberikan bantuan kepada masyarakat.

“Legislatif pusat dan daerah pun berupaya memberikan bantuan semaksimal mungkin untuk para konstituen di Katara. Akan lebih maksimal apabila seluruh elemen masyarakat, utamanya para pengusaha yang memiliki perusahaan di Kaltara juga terlibat dalam pemberian bantuan tersebut,” ujar Hasan Basri melalui rilis yang diterima Halokaltara, Selasa (14/4).

Apalagi berdasarkan informasi terakhir yang diperolehnya, di Kalimantan Utara sudah 16 warga yang dinyatakan positif COVID-19, dan satu meninggal dunia. Sementara itu, pasien dalam pemantauan (PDP) sebanyak 31 orang.

“Karena itu, saya mengimbau supaya mereka (perusahaan swasta) bisa tergerak ikut berkontribusi dalam rangka percepatan penanganan COVID-19 di Kaltara,” ujarnya.

Kontribusi dari pihak swasta itu, kata dia, akan ikut mengurangi beban pemerintah daerah. Sebab, dia melihat pemerintah daerah saat ini sudah banyak berbuat, termasuk memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu, serta mengalihkan anggaran demi memaksimalkan penanganan penyebaran COVID-19. “Termasuk juga bantuan pihak swasta untuk kebutuhan perlengkapan medis tenaga kesehatan seperti alat pelindung diri (APD), masker, hand sanitizer,” ujarnya. (red)

Leave a Comment