Halokaltara

Jalin Silaturahmi, Gubernur Terima Kunjungan DPRD Kaltara

HARMONIS: Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie didampingi Wagub H. Udin Hianggio usai menerima kunjungan perdana anggota DPRD Kaltara di Kantor Gubernur, Senin (9/9). HUMAS

TANJUNG SELOR – Gubernur Kalimantan Utara Dr H Irianto Lambrie menerima kunjungan perdana pimpinan sementara dan anggota DPRD Kaltara, Senin (9/9). Kunjungan tersebut untuk menjalin silaturahmi.

“Sinergi antara pemerintah dan DPRD sangat diperlukan, khususnya dalam mempercepat pembangunan di provinsi termuda ini,” kata Irianto.

Gubernur yang didampingi Wakil Gubernur H. Udin Hianggio, berharap komunikasi yang intens antarkedua lembaga sedianya harus terus dijalin. Pasalnya, dalam sistem pemerintahan, DPRD sangat berperan penting dalam mengawal kebijakan. Khususnya, pada saat pelaksanaan DPRD memiliki peran untuk melakukan pengawasan dan memberikan masukan.

Karena itu, Irianto kembali menegaskan sinergitas itu harus terus dilakukan. Apalagi dalam pelaksanaan good governance. Karena itu, kedua belah pihak harus saling menghargai. Boleh menyampaikan kritik, karena perbedaan pendapat hal yang biasa. Namun kritik harus sampaikan dengan baik sesuai norma.

“Untuk itulah penting bagi kita untuk membaca dan memahami peraturan perundang-undangan,” ujarnya.

Terkait dengan visi dan misi Kaltara, Gubernur mengatakan, selama 3 tahun lebih berjalan di era kepemimpinannya, capaian visi misi sudah cukup bagus. Ini dibuktikan dengan data-data dan pengakuan berupa penghargaan baik yang diberikan oleh lembaga independen maupun pemerintah pusat. Dalam hal pemerintahan yang bersih, misalnya. Gubernur menegaskan, ini bisa dilihat dari pengelolaan keuangan oleh pemerintah daerah selama ini.

“Alhamdulillah, selama 5 tahun berturut-turut atau sejak awal pemerintahan Kaltara, kita selalu mendapatkan opini WTP dari hasil pemeriksaan oleh BPK RI. Dan hasil ini bukan hanya dari eksekutif saja, tapi juga atas peran dukungan pihak DPRD,” kata Gubernur.

“Sementara dalam hal pembangunan infrastruktur, alhamdulillah atas sinergi dan dukungan dari pusat, infrastruktur di Kaltara juga terus membaik. Keberadaan bandara yang semakin representatif. Juga jalan sebagai sarama konektivitas yang juga kian membaik. Termasuk jalan di wilayah perbatasan yang terus dibangun,” sambungya. (hms/red)

Leave a Comment