Halokaltara

Persiapan Agenda HUT RI Dimatangkan, Gubernur Sarankan Digelar Lomba

PERSIAPAN HUT RI: Gubernur Kaltara Dr Ir H Irianto Lambrie memimpin rapat staf, Senin (12/8). HUMAS

TANJUNG SELOR – Persiapan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Republik Indonesia dibahas dalam rapat staf yang dipimpin Gubernur Kalimantan Utara Dr Ir H Irianto Lambrie di Kantor Gubernur, Senin (12/8).

Mulai dari jadwal kegiatan hingga apa saja yang digelar dalam rangkaian HUT Proklamasi Kemerdekaan RI menjadi pembahasan dalam rapat tersebut. Dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI tahun ini, Pemprov Kaltara mengadakan beberapa kegiatan yang dimulai sejak 15 Agustus nanti.

Di antaranya, adalah puncak seremonial tahunan HUT RI yang akan dipusatkan di Lapangan Agatish Tanjung Selor. Acara seremoni diawali dengan pengukuhan pasukan pengibar bendera (Paskibra), renungan suci pada Kamis (15/8) dan acara puncak upacara HUT RI di Lapangan Agatish Tanjung Selor pada 17 Agustus.

Kemudian, malam harinya dilanjutkan dengan resepsi kenegaraan di Gedung Gabungan Dinas Pemprov Kaltara. “Sebelumnya, akan kita laksanakan gladi kotor dan gladi bersih pada tanggal 15 Agustus. Kemudian pada tanggal 16 Agustus malam digelar acara malam renungan suci di Taman Makam Pahlawan,” ujar Taufik, Kepala Biro Pemerintahan Setprov Kaltara.

Sementara itu, Gubernur menegaskan kepada seluruh jajaran panitia agar terus mematangkan persiapan acara perayaan HUT Kemerdekaan RI nanti. “Lakukan check and recheck hingga hari H pelaksanaan. Pastikan semua siap, koordinasi terus dengan instansi terkait. Termasuk dengan TNI/Polri,” pesan Gubernur saat memimpin rapat.

Irianto juga menginginkan selain upacara dan resepsi kenegaraan, ada kegiatan yang difasilitasi Pemerintah Provinsi dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI tahun ini.

“Perlu ada kegiatan keramaian seperti adakan lomba-lomba sederhana. Saya kira tidak membutuhkan biaya mahal, dan kita bisa laksanakan,” ungkapnya.

Selain membahas persiapan HUT Kemerdekaan RI, dalam rapat yang dihadiri Plh Sekretaris Provinsi, para asisten, kepala OPD dan biro di jajaran Pemprov Kaltara itu, juga dilakukan evaluasi beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan, serta membahas menganai agenda sepekan ke depan. Salah satunya, rencana kegiatan puncak hari pramuka tingkat provinsi, yang diagendakan di Malinau pada 15 Agustus nanti. (hms/red)

Leave a Comment